Sunday 15 April 2012

Cerita Marsupilami Band

Marsupilami Band

Marsupilami Band, Band Produk resmi SMAN 1 Gurah Kediri. Sekolah baru yang pada awalnya belum ada generasi-generasi Pencinta Musik. Sekolah kecil yang perlu diperjuangkan. Dulu SMA ini Selalu dipandang sebelah mata oleh yang lain. Tak banyak orang yang mengetahui SMA ini. Tapi, dengan segala Keterbatasan itu, Kami mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk SMA ini, Membuka jalan baru untuk meraih Suksesnya sekolah kecil. Kami berjuang tuk berikan nama baik SMA ini dikancang Karisedenan kediri. Walau kami tak bisa Berikan sesuatu yang spektakuler, tapi kami berjuang keras dalam suatu perbedaan dan keterbatasan.

 
Beranjak Dari SMA ini Marsupilami resmi Membentuk Grup Band pada Tanggal 28 Mei 2010. Berawal dari perkumpulan bersama yang direncanakan akhirnya Marsupilami bisa bersatu menjadi kesatuan yang komplit. Dengan gaya musik yang bervariasi dan Menggabungkan segala perbedaan.
Nama Marsupilami Band berawal dari berbagai ide nama yang telah dirancang. Dan pada akhirnya secara Spontan nama marsupilami lah yang terpilih dan resmi menjadi band baru di SMAN 1 Gurah. Nama itu didasarkan pada hewan yang bertubuh mungil, lucu, berwarna kuning dengan variasi warna hitam ditubuhnya. Hewan itu sangat lincah, cerdik, dan mempesona. Dengan dasar Kharisma yang seperti itu kami membentuk suatu grup musik yang bernama MARSUPILAMI BAND.
Marsupilami Band pada Awalnya menggunakan Formasi baru : Taufik sebagai Drumer, Kristian sebagai Bassis, Satria sebagai Gitar 1, Febria sebagai Gitar 2, Ardhie sebagai Keyboardist, Andry sebagai Vokal 1 dan Galih sebagai Vokal 2. Formasi itu tak berlangsung lama karena masih ada ketidak cocokan antar anggota. Alhasil, Satria digantikan oleh Febri yang dulunya pernah bermain bersama arloedjhi Band, dengan alasan “Satria masih belum bisa menyatu dengan grup ini”, walau sebetulnya Satria memiliki Karakter Bermusik yang lebih dari pada yang lain.
Awal pertama kali Marsupilami Bermain adalah saat mengisi acara di SMA Pawyatan Dhaha. Dengan Segala keterbatasan latihan kami pun berhasil menyajikan musik indah dengan aransemen berbeda yang dikemas praktis. Saat itu kami membawakan lagu aransemen God Bless – Kehidupan dan Saint Loco – Hip Rock. Dengan alunan Rock rapper, kami memberikan sesuatu musik yang maksimal. Saat itu lah kami mempunyai rasa yang sama untuk selalu berjuang dalam dunia musik Mengaharumkan Nama kecil SMAN 1 Gurah yang akan kami besarkan.
Tekat Kami Untuk mengaharumkan nama SMAN 1 Gurah tidak berjalan selalu mulus. Untuk kedua kalinya tampil, kami belum bisa memberikan suatu hasil. Kala itu Kami bermain yang pertama kali dalam ajang School Contest Radar Kediri pada tanggal 26 Juni 2010. Kami mencoba memberikan yang terbaik untuk penampilan kami, dengan membawakan lagu Saint loco – Hip Rock dan Ungu – Cinta Gila yang bernuansa Rapper Rock, tapi alhasil kami masih belum bisa mencapai titik keberhasilan. Hal itu pun tak mengendurkan motivasi kami untuk bermusik dan bermusik, karena saat itu Marsupilami menjadi Sorotan Berita di Radar Kediri dengan menjadi foto sampul berita school band contest itu. Hal itulah yang menjadi motivasi kami, untuk selalu berusaha dan berusaha mencetak sejarah baru.
Seiring berjalannya waktu, Marsupilami Band pun terus mengasah kemampuan bermusik. Setiap Seminggu 2 kali kami mencoba untuk latihan bersama. Tetapi saat mendekati Festifal jadwal latihan pun mulai diperketat.
Tiba saatnya Pagelaran Istimewa Se-Kab Kediri yaitu Festifal Band Pelajar dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI. Kami pun berusaha keras untuk menampilkan permainan terbaik kami dalam bermusik. Dengan latihan yang begitu mendadak dan jadwal sekolah yang padat, menunutut kami untuk meluangkan waktu bermain dan berjuang bersama. Selama kurang lebih 3 minggu kami latihan, pada tanggal 7 agustus 2010 acara pun dimulai. Segala persiapan sudah dipersiapkan dengan alat-alat yang kami sewa, mulai bass yang menyewa 35 Studio, Keyboard yang menyewa gereja, Double pedal yang menyewan temannya taufik, dan efect yang pinjam Satria (Mantan Personil kala itu). Dengan Peralatan alakadarnya kami pun menunjukkan pagelaran Festifal Musik yang istimewa pada malam 7 Agustus itu. Lagu pertama yang kami Lantunkan yaitu Bendera lagu dari coklat yang kami aransemen. Dengan tambahan sedikit rapper dan puisi ditengah-tengah lagu, para juri pu terperangah di lagu pertama ini. Musik di lagu pertama yang terkesan berbeda ada kesatuan nada nge’Beat, Rock, rapper dan tambahan musik Disco, seakan lagu pertama terlantunkan seperti remix. Lagu Kedua yang kami Lantunkan yaitu Cinta Gila lagu dari ungu yang kami aransemen dengan mengubah lirik lagu itu menjadi nada-nada rapper. Peng’aransemen’an lagu tersebut ternyata membawa damapk positif kepada kami karena juri pun semakin menikmati lagu kami. Saat seperti itulah kami serasa bebas dan menguasai panggung sepenuhnya, sehingga membuat kami rileks dengan lantunan lagu yang menghentak. Lagu kedua pun berakhir, kami pun turun dengan perasaan yang begitu bahagia tiada tara. Di akhir acara, kami pun diminta untuk mengisi acara dengan menampilkan satu buah lagu lagi, dengan perasaan yang begitu bahagia, kami pun tampil kembali dengan lagu Hip Rock – Saint Loco. Panitia dan penonton pun ikut menikmati alunan musik kami.
Usai acara Festifal Band Pelajar se kab Kediri itu, di Malam puncak diputuskan Para pemenang-pemenang, pada akhirnya kami bisa membawa Piala Juara yang pertama kalinya di dunia musik Untuk SMAN 1 Gurah. Dari sini lah kita membuka asa untuk mengaharumkan nama sekolah selalu. Dari sini kita jadi selalu diundang dalam pagelaran acara-acara besar.
Perjalanan Marsupilami pun tak berjalan mulus, dengan adanya perbedaan yang kami rasakan kembali. Akhirnya dengan terpaksa Febri sang gitaris dan Galih (Rapper) kami keluarkan. Satria pun kembali kami panggil untuk mengisi kekosongan. Dengan jalan seperti itu, Hasilnya berjalan sempurna. Kami diundang dalam acara Pekan Budaya Kediri.
Kami menampilkan permainan musik yang menarik dalam acara pekan budaya itu. Dengan Membawakan 10 Lagu kami berhasil membawa penonton bersuka cita, jingkrak-jingkrak bersama dan bernyanyi bersama. Suatu keistimewaan bagi kami bisa didatangi penonton yang begitu banyaknya, tapi Keceria’an itu sedikit ternoda dengan adanya tawuran di saat kami melantunkan lagu Winner – Pusing. Musik pun kami hentikan dan kami mencoba menenangkan suasana dengan memberi air mineral kepada penonton-penonton. Suasana pun kembali tenang dan kami terus beraksi melantukan lagu-lagu indah nan mudah dinikmati. Pada akhirnya, kami pun sukses menampilkan suatu acara pagelaran yang meriah dan Nama Marsupilami Band mulai dikenal kala itu.
 
Perjalanan Marsupilami Band begitu berliku-liku, ada suka, ada duka yang kita rasakan bersama. Dari yang awalnya tidak bisa berinovasi sekarang menjadi suka untuk berinovasi. Ada kalanya juga saat kekurangan dana, kami pun mengutang pada Studio. Dan banyak lagi kenangan di Marsupilami Band.

Sekilas Data Personil Marsupilami Band

Ardhie Phylami (Rahmad D Ardhiansyah) *Aku*
Seorang Keyboardist Marsupilami band, yang dulunya Pernah Bermain bersama Arloedjhi Band dan berhasil juara 2 di acara Dies Natalis SMAN 1 Pelemahan. Kala itu saat aku mengenal dunia musik di SMAN 1 Gurah sangat termotivasi dan miris. Termotivasi karena seseorang yang bernama Balli Yudha Pradana berkorban keras untuk bermusik. Dia rela memotivasi ku untuk menjadikan ku seorang keyboardist yang handal. Saat pertama kali kenal dengannya aku mencoba mengenal musik-musik Rock yang tingkat Instrumentnya tinggi. Dari itu aku termotivasi untuk semakin bisa dan bisa. Balli adalah Ketua Arloedjhi Band kali itu, Band yang tenar saat di SMAN 1 Gurah dan penuh kecaman oleh sebagian orang-orang yang tak suka. Dari Arloedjhi Band ini aku belajar banyak tentang musik. Mirisnya, kala itu sekolah SMAN 1 Gurah memiliki Suatu alat-alat musik yang tak terawat, di saat mencoba tuk merawatnya, Kami pun (Arloedjhi Band) disindir-sindir oleh beberapa oknum sekolah. Dengan berat hati, kami pun mencoba tabah. Dan kami Pun membuktikan Bahwa Kami bisa memberikan sesuatu untuk SMAN 1 Gurah. Pada Tahun 2009, Arloedjhi Band pun mendapat juara 2 di SMAN 1 Pelemahan. Pada tahun itu pun Arloedjhi Bubar karena alasan Vacumnya personil. Akhirnya aku mencoba membuat Band baru bersama teman-teman sederajat ku yaitu Marsupilami Band. Di Band ini aku bertindak sebagai Ketua Umum Pengkoordinator Personil. Karena Berawal dari aliran Rock, aku mencoba menggabungkan unsur rock di Band ini, dan alhasil terciptalah Nuansa Band Yang bervariasi di Marsupilami.

John (Kristian Dewantara) *Bassist*
Seorang Bassis Profesional, Mantan Wakil Ketua Osis SMAN 1 Gurah. Awal mulanya kristian memang enggan untuk berkecimbung dalam dunia musik karena dia harus fokus dengan kegiatan OSIS dan Sekolahnya. Jadinya, setelah sekian lama dia tak bergabung dalam grup-grup musik. Dan pada suatu kala saat pertengahan kelas 11, hatinya tersentuh untuk bermusik lagi. Dengan membentuk Band Baru Yaitu Marsupilami Band. Di Marsupilami Band ini dia biasa sebagai pengkoordinasi latihan, saat di studio dialah yang biasanya memberi inovasi-inovasi dalam aransemen musik walau aransemen juga berasal dari semua personil. Kristian adalah seorang yang multi genre, bisa berbagai aliran musik, penuh akan inovasi dan kreatif. Itulah basisst Marsupilami Band => Kristian Dewanta.

Monyonk (Andry) *Vokalis*
Muka rada aneh, Kharismatik, dan ekspresif, itu lah Andry Phylami. Karakter Vokal yang sedikit melayu dan ada cengkok dangdut yang dia miliki bisa dipadukan dalam lantunan musik rock atau pun musik genre lainnya. Kekuatan besar yang dimiliki Andry adalah komunikatif saat dipanggung. Dia Bisa mengajak Penonton bersuka ria dan menularkan segala ekspresi jiwanya. Andry Phylami *The Monyonk Singer*


Jabron (Febria Phylami) *Gitaris 2*
Seorang Pemusik yang begitu mengidamkan The Changcutter. Gaya Changcut itu lah yang mengalir dalam jiwanya. Terkadang juga mencoba gaya Partidok. Bergabung di Marsupilami dengan jerih payahnya, karena saat tampil di acara sekolah Band kelasya berhasil memukau Siswa-siswa SMAN 1 Gurah. Dengan itu Nama Febria tercantum dalam list personil Marsupilami Band. Pada awalnya Febria belum mengerti musik-musik Rock. Disaat bergabung dengan marsupilami, dia mencoba menggali jenis-jenis musik yang bisa digunakan untuk menghibur penonton setia. Gitaris Yang Ekspresif, penggila Changcut ialah Febria Phylami.

Taufik Yunus *Drummer*
Taufik Yunus, Satu-satunya anak IPS 2 SMAN 1 Gurah yang Masuk dalam Personil Marsupilami Band. Awalnya dia bergabung dengan Arloedjhi Band dengan suatu keharusan karena regenerasi personil. Taufik selanjutnya beguru pada Balli Yudha (drummer Arloedjhi Band) yang Muridnya Billy (Mantan drummer Aura Band). Hasil positif ditunjukkan oleh Taufik, yang pada awalnya belum bisa double pedal akhirnya bisa menguasai double pedal dengan lihai sekarang. Karena masalah Vacumnya personil Arloedjhi Band akhirnya Taufik melepaskan diri dan bergabung dengan Marsupilami Band. Nama Marsupilmai Band ini awalnya muncul spontan dari ucapannya. Sehingga nama itu menjadi nama resmi. Taufik juga seorang pendesain pakaian marsupilami karena ayahnya adalah seoarang penjahit ternama. Karakter bermain Drum nya juga terkesan multi, dia bisa menguasai berbagai teknik drum. Di Marsupilami sebagai Pendesain ialah Taufik Yunus.


Satria Yudha Hartana (Gitaris 1)
Seorang Gitaris yang tersimpan dan Akhirnya bisa menunjukkan Tajinya. Satria adalah seorang gitaris yang pada awalnya tak bisa lihai memainkan gitar. Dengan tekat keras, dia mencoba untuk Les Gitar di Mas Roy. Secara perlahan dia pun bisa menjadi seorang gitaris yang handal. Motivasi awalnya yaitu saat bergabung dengan Arloedjhi Band, dia menunjukkan kemajuaan yang pesat dalam permainan gitarnya. Dan pada suatu saat, saat Arloedjhi mulai Vacum, dia pun meninggalkan band itu dan Bergabung dengan Marsupilami. Walau pun pada awalnya dia tersisihkan oleh perbedaan tapi pada akhirnya dia bisa menunjukkan kepada personil Marsupilami bahwa dia bisa bergabung di Marsupilami band. Satria adalah seorang gitaris Rock, mempunyai teknik Skill yang istimewa, dan mempunyai paras yang kharismatik. Gitaris handal Marsupilami Band => Satria Yudha Hartana


Itulah Sekilas Cerita-cerita Marsupilami Band yang Penuh dengan Kreasi, mamadukan berbagai perbedaan, saling berbagi rasa saat duka, bahagia dan ceria bersama.

Marsupilami BAND => The Pioner Band Champion  SMAN 1 Gurah
 

No comments:

Post a Comment