Friday 10 April 2015

BLOK 23 UP 1



A. Merumuskan Sasaran / Tujuan Belajar / Learning Objectives
1. Bagaimana prinsip, perbedaan Postulat Koch dengan Postulat Evans serta hubungannya dengan ilmu kedokteran populasi?
2. Bagaimana definisi tentang epidemiologi?
3. Bagaimana teknik sampling, faktor – faktor cara pengambilan sampling, dan kajian kasus (endemik, epidemik, pandemik, sporadis)


B. Belajar Mandiri (Mengumpulkan Informasi)
1. Postulat Koch dan Postulat Evans
Postulat Koch
a. Agen harus diperlihatkan keberadaannya pada semua kasus dengan isolasi dalam biakan murni (asosiasi).
b. Agen yang bersangkutan tidak ditemukan pada kasus lain selain penyakit tersebut (isolasi).
c. Apabila telah terisolasikan, agen harus dapat mereproduksikan penyakit yang sama pada hewan percobaan (inokulasi).
d. Agen dapat diisolasikan kembali dari penyakit eksperimen yang dihasilkan (reisolasi).
Postulat Evans
a. Prevalensi penyakit secara bermakna harus lebih tinggi pada individu yang terdedah oleh faktor penyebab yang dihipotesiskan, daripada kontrolnya yang tidak terdedah,
b. Pendedahan oleh penyebab yang dihipotesiskan harus lebih sering terjadi pada kelompok sakit daripada kontrolnya yang tak mengidap penyakit, apabila faktor resiko yang lain tetap,
c. Insidensi penyakit pada kelompok terdedah harus lebih tinggi secara bermakna daripada pada kelompok tak terdedah faktor yang terlihat pada kajian prospektif,
d. Individu sakit yang terdedah faktor penyebab yang dihipotesiskan sesuai dengan masa inkubasi yang distribusinya normal,
e. Respon hospes terhadap agen penyebab yang dihipotesiskan harus mengikuti gradient biologi yang logis, dari ringan sampai parah,
f. Probabilitas respon hospes pasca dedah faktor penyebab, harus lebih tinggi pada mereka yang tak memilikinya sebelum pendedahan, atau harus meningkat bila telah memilikinya sebelumnya; respon ini harus amat jarang terjadi pada kelompok yang tidak terdedah,
g. Reproduksi penyakit secara eksperimen harus lebih tinggi pada kelompok terdedah faktor penyebab, daripada kelompok tak terdedah; pendedahan dapat dilakukan secara sengaja pada relawan, diinduksikan dalam laboratorium, ataupun pendedahan oleh alam,
h. Eliminasi atau modifikasi faktor penyebab harus menurunkan frekuensi penyakit atau menghilangkan penyakit,
i. Pencegahan, atau modifikasi respon hospes terhadap pendedahan faktor penyebab, harus menurunkan atau menghilangkan penyakit, dan
j. Semua kaitan dan penemuan harus dapat diterima akal secara biologi dan epidemiologi.
Hubungan dengan ilmu kedokteran populasi
Prinsip dari Postulat Koch adalah suatu penyakit disebabkan oleh suatu agen etiologi yang spesifik. postulat ini telah memacu dengan sangat baik perkembangan mikrobiologi. Metode epidemiologi didasarkan bahwa setiap hal merupakan bagian dari sistem ekologi yang memiliki banyak faktor yang saling memiliki interelasi satu mempengaruhi yang lain. Psotulat Evans memperlihatkan bahwa kejadian penyakit tidak terjadi secara mutlak, tetapi merupakan suatu probabilitas. Postulat Evans juga memberikan signifikansi statistik, spektrum hospes yang luas dan dapat digunakan dalam pembuktian imunologi. Postulat Evans dapat digunakan untuk penyakit non-infeksi.

2. Epidemiologi
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan-determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut. Secara umum, ada empat tujuan epidemiologi yaitu : Pertama menjelaskan status kesehatan masyarakat dengan cara menghitung kejadian penyakit, frekuensi relatif berbagai masalah kesehatan di dalam kelompok serta kencenderungan-kecenderungan tertentu. Kedua menjelaskan etiologi penyakit/ masalah kesehatan, dengan menentukan berbagai faktor yang menyebabkan penyakit dan menemukan mekanisme penyebarannya. Ketiga memprediksi jumlah kasus-kasus penyakit yang terjadi dan distribusi status kesehatan didalam populasi dengan cara mencegah terjadinya kasus baru dan memberantas kasus yang telah ada, memperpanjang hidup atau memperbaiki status kesehatan si pengidap penyakit.
Didalam definisidefinisi epidemologi yang diutarakan oleh para ahli di atas, tersirat beberapa tujuan epidemologi yaitu:
1. Mengumpulkan fakta dan data tentang berbagai masalah yang ada dalam masyarakat.
2. Menjelaskan sifat dan penyebab masalah kesehatan tersebut.
3. Menentukan/merencanakan pemecahan masalah serta mengevaluasi aktivitas pelaksnaannya.
4. Menggambarkan status kesehatan penduduk, untuk menetapkan prioritas masalah dan perencanaan.
5. Mempelajari riwayat alamiyah suatu penyakit atau masalah kesehatan, petunjuk bagi upaya pencegahan dan mekanisme pencegahan.
6. Mempelajari penyebab/faktor resiko suatu penyakit/masalah kesehatan.
7. Mengembangkan sistem pengendalian dan pemberantasan penyakit dalam suatu sistem administrasi.

3. Teknik sampling, faktor – faktor cara pengambilan sampling, dan kajian kasus
Sampel adalah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri - ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri - ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya. Mengingat dasar pemikiran digunakannya sampel di dalam suatu penelitian, antara lain adalah agar dalam penelitian tersebut dapat diperoleh kecermatan yang tinggi, penghematan biaya, waktu, dan tenaga, serta membatasi akibat-akibat buruk yang ditimbulkan oleh suatu penelitian (khusnya pelaksanaan eksperimen), maka sampel harus ditetapkan dengan tepat dan benar. Oleh karena penelitian eksperimen menggunakan sampel yang relatif kecil, maka teknik pengambilan sampel harus dilakukan dengan baik dalam arti tepat dan benar. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin ketepatan generalisasi hasil eksperimen.
Ketentuan pengambilan atau teknik sampling
- Perlu dirumuskan masalah-masalah yang dihadapi, kemudian perincilah masalah-masalah tersebut dalam bentuk-bentuk informasi yang harus disajikan.
- Setelah memahami ruang lingkup masalah yang dihadapi, tetapkanlah populasi yang hendak diteliti itu.
- Perlu diketahui apakah informasi yang dibutuhkan sudah pernah tersedia, misalnya sebagai hasil penelitian orang lain.
- Tentukan jenis penelitian apa yang paling baik, sesuai dengan biaya yang tersedia sehingga dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan.
- Susun rencana lengkap terhadap pelaksanaan penelitian tersebut, termasuk menyusun defenisi, klasifikasi, kwesioner, petugas dan sebagainya.
- Rencanakan beberapa "Alternative Sampling Design" yang dapat memberi gambaran tentang beban ongkos dan tingkat kecermatannya.
- Susun buku pedoman (manual) untuk pekerja lapangan selengkap mungkin.
- Susun rencana, tabulasi dan tetapkan bentuk serta jenis dari tabel yang final.
- Laksanakan pretest untuk menguji effektivitas kwesioner, manual, petugas lapangan dan aspek-aspek oprasional lainnya.
- Atas dasar pretest tersebut, perbaiki kwesioner, dan manual.
- Tetapkan secara terperinci prosedur samping yang final.
- Baru dilaksanakan penelitian yang sesungguhnya dan teruskan dengan pengolahan serta tabulasi data seperti yang direncanakan.
- Susun analisa atau hasil-hasil tersebut.
- Buat laporan penelitian.

Populasi dan Sampel
Definisi dari populasi ialah suatu kelompok baik benda, manusia, hewan, atau makhluk lain yang dapat digunakan sebagai sumber pengambilan sample. Sedangkan sample ialah sebagian dari populasi yang ingin diteliti, yang ciri - ciri dan keberadaannya diharapkan mampu mewakili atau menggambarkan ciri – ciri dan keberadaan populasi yang sebenarnya.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam suatu survey atau studi analitik secara umum menggunakan:
1. Metode Populasi (sensus)
Metode ini memakai data yang diperoleh dari sensus terhadap keseluruhan populasi. Di sini tidak membutuhkan sampel. Kelebihan metode ini adalah keakuratannya. Sedangkan kekurangannya ialah waktu yang dibutuhkan lama, dana yang besar, ketekunan dan ketelitian yang lebih dalam pengerjaannya.
2. Metode Sampel
Merupakan cara untuk memperoleh informasi dimana data tersebut diambil dari sebagian anggota populasi. 

Sampel yang baik adalah sampel yang dapat mewakili sebagian besar karakteristik populasi. Suatu sampel harus valid, yaitu bisa mengukur sesuatu yang seharusnya diukur.
Kevalidan suatu sampel harus memenuhi dua syarat utama, yaitu:
1. Akurasi atau ketepatan, yaitu tingkat kekeliruan dalam sampel. Semakin kecil tingkat kekeliruan, maka suatu sampel dapat dikatakan semakin baik. Tolak ukur “bias” atau kekeliruan dalam sampel adalah populasi.
2. Presisi, yaitu memiliki tingkat presisi estimasi. Presisi mengacu pada sedekat mana estimasi peneliti dengan karakteristik populasi. Makin kecil tingkat perbedaann diantara rata-rata populasi dengan rata-rata sampel, maka tinggi tingakat presisi sampel tersebut.

Memilih teknik yang akan dipakai dalam pengambilan sampel merupakan suatu upaya penelitian supaya menemukan sampel yang mewakili serta dapat menggambarkan populasinya. Teknik pengambilan sampel tersebut dibagi atas 2 kelompok besar, yaitu :
1. Sampling Nonprobabilitas
Non Probability Sampling (Non Random Sample) Sedangkan pada non probability sampel, penyimpangan nilai sampel terhada populasinya tidak mungkin diukur. Pengukuran penyimpangan ini merupakan salah satu bentuk pengujian statistik. Penyimpangan yang terjadi pada perancangan kwesioner, kesalahan petugas pengumpul data dan pengola data disebut Non Sampling Error.
a. Sampel Konvenien
Sampel ini dipilih karena mudah didapat, misalnya lokasi pengambilan dekat
b. Sampel Perkiraan
Sampel ini dipilih karena dianggap mewakili sesuatu
c. Sampel Purposif
Seleksi unit didasarkan pada pendedahan atau situasi penyakit yang diketahui. Metode ini banyak dilakukan untuk memilih unit dalam studi observasi analitik tetapi tidak cukup untuk mendapatkan data dalam suatu populasi.
2. Sampling Probabilitas
Probability Sampling (Random Sample) Dengan teknik ini, peneliti dapat menentukan derajat kepercayaan terhadap sebuah sampel. Selain itu, perbedaan dalam menafsirkan parameter populasi dengan statistik sampel dapat diperkirakan.
a. Sampel Rambang Sederhana (Simple Random Sampling)
Metode ini dilakukan dengan mendaftar seluruh populasi, diambil secara acak.
Keuntungan: sederhana penyimpangan estimasi kecil
Kerugian     : kerangka sampling sulit diperoleh
b. Sampel Rambang Sistemik (Systemik Sampling)
         Pelaksanaannya dilakukan seleksi dengan interval sama. Cara ini lebih praktis untuk sampling representative dan distribusinya lebih merata pada keseluruhan populasi. Namun bias dapat terjadi bila factor yang dikaji berhubungan dengan interval sampling.
Keuntungan: seperti angka rambang sederhana, kerangka sampling tidak perlu
Kerugian: tidak dapat untuk populasi besar
c. Sampel Rambang Strata
         Dalam metode ini populasi dibagi dalam beberapa strata, kemudian diambil sampel dari tiap – tiap strata tersebut. Penentuan strata berdasar criteria yang relevan misalnya ukuran ternak, usia ternak, dan sebagainya. Hal ini memberikan tingkat perkiraan yang spesifik untuk stratum bersangkutan, menjamin seluruh strata terambil sampelnya, dan ketepatan penafsiran biasanya lebih baik dibanding sampel rambang sederhana.
Contoh : kabupaten – kecamatan – kelurahan – peternak – desa
Keuntungan: kerangka sampling hanya pada unit terakhir
Kekurangan: penyimpangan harga estimasi lebih besar
d. Sampel Klaster
Metode ini menggunakan unit – unit populasi yang berdasarkan kumpulan alami sejumlah elemen. Misalnya anak yang berasal dari suatu induk merupakan satu klaster. Dengan cara ini lebih mudah memperoleh daftar klster daripada daftar individu.
Keuntungan dan kerugian seperti sampling tahapan ganda
e. Sampel Tahapan Ganda
Pada dasarnya hampir sama dengan sampel klaster. Namun dalam sampel tahapan ganda, tiap klaster dianggap sebagai unit primer, yang kemudian dipilih anggotanya sebagai unit sekunder, baru dari unit sekunder tersebut diambil sampel.  

Pada prinsipnya metode sampel secara keseluruhan mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.
Adapun kelebihannya:
- Perolehan informasi lebih murah, mudah dan cepat daripada metode populasi
- Kemudahan dalam memperoleh data
- Efisiensi tenaga dan waktu
- Mampu memberikan informasi yang lebih menyeluruh dan mendalam (komprehensif)
- Memberikan lebih sedikit kesalahan daripada penanganan data yang lebih besar/ banyak
Kekurangannya ialah:
- Penyimpangan hasil dapat terjadi
- Sampel tidak benar – benar mewakili seluruh populasi, dengan demikian tingkat keakuratan rendah.
Kekurangan dapat diminimalkan dengan cara :
- Penyeragaman populasi yang akan dibuat sampel
- Pembuatan strata
- Meningkatkan ketelitian dalam pengerjaannya

Untuk menentukan besarnya ukuran sampel, harus disesuaikan dengan tujuan dilakukannya penelitian tersebut.
1. Mendeteksi adanya penyakit pada populasi 
 Diperlukan perkiraan:
1) Tingkat keyakinan (konfidensi)
2) Prevalensi penyakit bila ada
3) Jumlah hewan dalam populasi
 Rumus:
n = [1 – (1 – a)1/D][N – (D – 1)/2]
n: jumlah sampel 
a: tingkat konfidensi 
N: jumlah populasi 
D: tingkat penyakit

2. Estimasi aras penyakit pada populasi 
 Diperlukan perkiraan:
1) Perkiraan aras penyakit
2) Galat/penyimpangan perkiraan tersebut
3) Tingkat konfidensi
 Rumus:
 
P: perkiraan aras 
Q: 1 – P
L : Galat yang diinginkan

3. Menyidik penyebab penyakit
 Diperlukan:
1) Estimasi akibat dalam kedua kelompok yang dibandingkan
2) Tingkat konfidensi: galat tipe I dan galat tipe II
 Rumus:
 
Za = harga z galat tipe I (= 1,96) (untuk galat tipe I 5 %)
Zß   = harga z galat tipe II(= 0,84) (untuk galat tipe II 20 %) 
Pe   = perkiraan akibat untuk kelompok pertama 
Q= 1 - P
Po = perkiraan akibat untuk kelompok kedua 
Q= 1 – Po
P = (P+ Po)/2
Q = 1 – P

Kajian Kasus
Epidemi adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit) yang ditemukan pada suatu daerah tertentu dalam waktu yang singkat berada dalam frekuensi yang meningkat.
Pandemi adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit) frekuensinya dalam waktu yang singkat memperlihatkan peningkatan yang amat tinggi serta penyebarannya telah mencakup suatu wilayah yang amat luas.
Endemi adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit)  frekuensinya pada suatu wilayah tertentu menetap dalam waktu yang lama.
Sporadik adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit)  yang ada di suatu wilayah tertentu frekuensinya berubah-ubah menurut perubahan waktu.


C. Sumber Informasi (Daftar Pustaka)
Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta
Budiharta, S. 2002. Kapita Selekta Epidemiologi Veteriner. Yogyakarta Bagian Kesehatan Masyarakat Veteriner. FKH UGM.
Budiharta, S. dan I Wayan S. 2007. Buku Ajar Epidemiologi & Ekonomi Veteriner. Bali : Penerbit Universitas Udayana
Thrushfield, M. 1995. Veterinary Epidemiology. New York : Blackwell Science

No comments:

Post a Comment